top of page
Search
  • donahasan5

Tips Digital Marketing UMKM



Tentukan target market


Target market merupakan hal yang sangat penting karena dapat dijadikan pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Target tersebut berkaitan dengan siapa saja yang berpotensi membutuhkan produk milik UMKM, berapa rentang umurnya, dan kelas sosial yang ingin dituju. Inilah yang menjadi dasar dari penentuan metode digital marketing yang akan dilakukan, sehingga strateginya bisa menjadi lebih efektif. Ketika targetnya adalah konsumen berusia muda, tentunya kamu harus menarik minat mereka dengan trend-trend anak muda yang populer. Hal ini akan memberikan respon positif terhadap para calon konsumen UMKM tersebut.Anda bisa bertanya pada jasa social media monitoring untuk mendapatkan data target market yang tepat.


Tentukan konsep digital marketing yang memberikan solusi


Konsep digital marketing yang memberikan solusi akan memiliki nilai tambah di mata konsumen dibandingkan dengan produk serupa dari pelaku usaha lainnya. Hal ini bisa dilakukan apabila para pengusaha UMKM mau melihat kondisi yang terjadi di masyarakat, bukan hanya fokus pada kualitas dari produk yang dimiliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun hal itu tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi jika tidak memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan.


Melakukan branding usaha dengan aktif di media sosial


Media sosial merupakan sarana yang efektif untuk melakukan branding suatu produk. Ada banyak sekali platform yang bisa pakai, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest. LinkedIn dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut memiliki kekuatannya masing-masing sehingga kamu juga harus menyesuaikan dengan strategi yang kamu pilih.

Misalnya, kalau kamu menggunakan Youtube sebagai media branding, tentunya kamu harus membuat video yang menarik dengan durasi yang panjang. Berbeda ketika kamu menggunakan Instagram dengan yang lebih mengutamakan kekuatan gambar dan video pendek. Sedangkan untuk Facebook, akan lebih mengutamakan perpaduan antara gambar, video, dan tulisan. Nah disini anda dapat menggunakan jasa social media management untuk hasil yang lebih memuaskan

2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page